Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Laptop Baru Beli Agar Awet Hingga 10 Tahun

iterkini.web.id - Cara Merawat Laptop Baru Beli - Setiap laptop memang memiliki jangka umurnya masing masing, akan tetapi kerusakan yang terjadi pada laptop tidak serta merta hanya disebabkan karena kualitas produknya yang buruk.

Penggunaan juga termasuk salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi performa dan tingkat keawetan produk laptop yang kamu miliki, maka karena itu diperlukan kiat kiat untuk menjaga keawetan perangkat laptop itu sendiri agar dapat bertahan lama tanpa ada kerusakan.

Cara Merawat Laptop Baru Beli

Banyak di lapangan dijumpai laptop yang masih seumur jagung, akan tetapi banyak sekali kendala yang muncul pada saat penggunaanya seperti LCD yang ada vignet, keyboard yang rusak tombol tombolnya, speaker yang mulai cempreng dan lainnya yang terkadang kita malah menyalahkan kualitas produknya tanpa berkaca pada perawatan apa yang telah kita lakukan pada perangkat tersebut.

Daftar Isi

Oleh karena itu, pada artikel ini admin akan memberikan beberapa penjelasan singkat padat mengenai cara menjaga laptop agar awet dan tahan lama.

Cara Merawat Laptop Baru Beli

1. Jangan Minum di Dekat Laptop

Pada saat sedang menggunakan perangkat laptop, maka usahakan jangan minum di dekatnya, karena jika saat minum air lalu ternyata airnya tumpah, maka akan dapat berakibat fatal pada perangkat laptop yang kamu miliki.

Kenapa ? Karena tidak saja dapat menyebabkan keyboard laptopmu menjadi macet, di beberapa kasus kerap kali terjadi mati total pada perangkat yang terkena air tersebut disebabkan airnya masuk ke komponen inti laptop.

Maka lebih baik kamu jangan minum di dekat laptop dari pada nantinya kamu menyesal.

2. Sesuaikan Pekerjaan (Processing) dengan Spesifikasi Laptop

Cara merawat laptop agar tidak mudah rusak selanjutnya sesuaikan pekerjaan (Processing) dengan spesifikasi laptop. Hal ini mungkin kurang diperhatikan sebagian orang yang baru pertama kali membeli laptop, yaitu dalam penggunaan laptop usahakan jangan mempekerjakan laptop kamu melebihi spesifikasinya, yaitu melakukan multi tasking (membuka banyak aplikasi) sekaligus, terutama jika laptop yang kamu miliki speknya rendah, namun jika laptopmu memang memiliki kualitas dan spesifikasi tinggi, tidak apa apa melakukan banyak pekerjaan sekaligus.

Seperti ? Hal ini terutama pada saat membuka software yang berat seperti gaming, editing sekaligus atau bahkan video editing. Jadi sesuaikan dengan kemampuan perangkatmu. Karena di samping dapat membuat performa laptop kamu menjadi lebih lambat juga dapat membuat hardware (perangkat keras) laptop menjadi bekerja ekstra sehingga dapat mempercepat umur perangkat.

Baca Juga : Dasar-Dasar Komputer:Cara Menggunakan Komputer Untuk Pemula

3. Jangan Gunakan Laptop Untuk Pekerjaan Berat

Sebagaimana yang sudah admin sampaikan sebelumnya, dengan penggunaan aplikasi berat pada laptop kita akan membuat hardware menjadi bekerja lebih keras dari biasanya, maka usahakan jangan melakukan aktivitas berat seperti gaming, editing dan video editing pada laptop tersebut.

Namun beda halnya jika laptop yang kamu miliki merupakan laptop gaming yang memang sudah dispesifikasikan untuk melakukan berbagai macam pekerjaan berat, maka tidak masalah jika kamu menggunakannya untuk aktivitas berat tersebut.

4. Atur Jangka Waktu Pemakaian 

Cara merawat laptop agar awet selanjutnya adalah dengan mengatur batas dan jangka waktu pemakaian laptop kamu, karena dengan mengatur jangka waktu penggunaan laptop, maka dapat mengantisipasi terjadinya overheat pada laptop karena bekerja terus terusan.

Solusinya ? Maka di sini admin sarankan agar mematikan laptop kalian sekitar 15-20 menit setelah 2-3 jam penggunaan, di samping itu, di waktu tersebut kamu juga dapat memanfaatkannya untuk mengistirahatkan mata agar tidak terus terusan terpapar sinar radiasi yang menyebabkan mata rusak.

Satu lagi, kalian juga bisa menambahkan aksesoris cool pad atau kipas angin untuk penggunaan perangkat dalam waktu yang lama.

cara merawat laptop baru

5. Jangan Langsung Tutup Laptop Setelah Pemakaian

Ini mesti diperhatikan bagi kalian yang baru pertama kali membeli laptop, setelah selesai menggunakannya maka jangan langsung ditutup LCDnya karena saat itu laptop masih dalam keadaan panas.

Mungkin jika kalian hanya melakukannya satu atau dua kali tidak ada masalah, namun jika dibiasakan maka akan dapat berdampak pada komponen komponen hardware yang terdapat pada perangkat laptop sehingga dapat membuat laptop menjadi lebih cepat rusak.

Kenapa ? Karena pada saat laptop baru selesai digunakan, maka keyboard yang ada pada laptop masih dalam keadaan panas, dan jika nantinya kamu langsung menutup laptop tentunya bagian LCD akan secara langsung mengenai bagian keyboard tersebut, sehingga akan dapat memberikan dampak buruk bagi kondisi LCD laptop kamu yang dapat menyebabkan layar LCD ada vignet atau juga bisa membuat layar jadi buram.

Solusinya ? Yaitu setelah penggunaan laptop maka setidaknya tunggu sekitar 15-20 menit setelah itu barulah laptop boleh ditutup.

Baca Juga : Apakah Perbedaan Antara Web Browser dan Search Engine

6. Kurangi Kecerahan Layar

Pada saat baru membeli laptop tentunya pengaturan kecerahan akan ada pada posisi maksimal, maka sangat disarankan untuk mengurangi kecerahan layar di samping itu dapat merawat kesehatan mata juga menjaga keawetan baterai dan LCD laptop itu sendiri.

7. Rutin Membersihkan Laptop

Sepengelaman admin, membersihkan laptop merupakan hal yang sangat penting dilakukan agar menjaga laptop agar tetap awet.

Maka ! Setidaknya dalam jangka 2-3 bulan, jika kamu merupakan pengguna laptop yang aktif, bersihkanlah laptop ke tempat reparasi laptop dengan kisaran harga 50 ribu-an saja.

Karena ? ketika laptop dalam keadaan kotor, akan dapat menyebabkan berbagai macam keluhan dalam penggunaan, di antaranya :

Keyboard yang tersendat dengan berbagai macam material yang masuk melalui celah celah, utamanya nasi dan debu. 

Juga biasanya menyebabkan kipas laptop yang bekerja lebih ekstra sehingga membuat bising laptop yang disebabkan celah angin yang tertutup oleh debu sehingga udara panas yang terdapat pada laptop tidak mau keluar dan bahkan malah terkurung di dalam disebabkan debu yang menghalangi jalan keluarnya udara panas tadi.

Kesimpulan

Jadi dalam upaya perawatan laptop agar awet dan tahan lama tidak saja tergantung kepada kualitas produk laptop itu sendiri, bahkan laptop dengan merek dan harga yang lebih murah bisa menjadi perangkat laptop yang awet dan tahan lama jika kita bisa merawatnya dengan baik.


Itulah Cara Merawat Laptop Baru Beli Agar Awet Hingga 10 Tahun semoga dapat memberikan manfaat bagi admin maupun bagi para pembaca seluruhnya.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Laptop Baru Beli Agar Awet Hingga 10 Tahun "