Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Macam Lensa Kamera dan Fungsinya - Fotografer Handal

iterkini.web.id - Macam Macam Lensa Kamera dan Fungsinya - Apakah kamu termasuk orang yang senang mengabadikan setiap moment dalam kehidupan mu ? ataukah kamu seorang yang hobi memotret, pemula maupun professional ? yang menggunakan kamera smartphone maupun kamera dslr atau mirrorless untuk mengabadikannya.

Jenis lensa kamera

Bagi kamu yang suka memotret, terutama pemula dalam bidang fotografi, perlu diketahui bahwa ada berbagai macam jenis lensa yang bisa kamu pergunakan sesuai dengan kebutuhan, karena tiap macam lensa memiliki fungsi dan kegunaannya masing masing sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Seumpama kamu ingin melakukan pemotretan dengan jarak objek yang dekat, jauh, bahkan memotret dengan jarak pandang yang luas, maka dengan pengetahuan tentang jenis lensa yang cocok pada saat melakukan pemotretan, akan mampu menghasilkan foto yang lebih baik dibandingkan menggunakan sebuah lensa yang sama (all in one seperti penggunaan lensa kit, fix) di semua kondisi. 

Memang tak ada salahnya jika kalian mempergunakan satu jenis lensa di semua momen pemotretan, seperti menggunakan lensa kit, baik itu untuk memotret jarak dekat, jauh, luas dll, namun jika kalian mengetahui macam macam lensa kamera dan mempunyai budget lebih maka menggunakan lensa yang sesuai dengan momen pemotretan yang kalian inginkan akan mampu menghasilkan foto yang lebih baik.

Daftar Isi

Maka simaklah di bawah ini admin akan mengulas sedikit tentang macam macam lensa kamera dan fungsinya dengan bahasa yang mudah dipahami bahkan bagi seorang pemula dalam bidang fotografi.

Macam Macam Lensa Kamera dan Fungsinya

Tidak hanya pada kamera digital, bahkan kamera smartphone saat sekarang, dengan perkembangan teknologi sudah dibekali dengan berbagai macam jenis lensa yang memudahkan dalam melakukan pemotretan sesuai dengan moment yang diinginkan.

Maka macam lensa di bawah selain biasa ditemukan pada jenis kamera digital, belakangan ini juga sudah sering disandingkan dengan smartphone, maka di sini sedikit saran dari admin, jika kalian yang suka memotret, perhatikan jenis lensa kamera yang dibekali pada smartphone yang hendak kalian beli.

Langsung saja, berikut pembahasan mengenai macam macam lensa kamera, simaklah dengan baik agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Lensa Kit 

Lensa jenis ini merupakan lensa bawaan yang didapatkan pada saat kita membeli kamera, adapun focal length yang ditawarkan pada jenis lensa ini biasanya berkisar 18-55mm.

Macam lensa ini dikenal sebagai lensa yang cukup ringan untuk dibawa ke mana mana, karena beratnya tidak lebih dari 210 gr saja, sehingga jenis lensa ini sangat praktis untuk dibawa pergi liburan.

Kamera ini sangat cocok digunakan pemula dalam bidang fotografi karena dibekali dengan bukaan dan aperture yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna sehingga tidak perlu repot repot menggantinya.

Fungsi ! Dengan Focal Length yang ditawarkan jenis kamera ini maka cocok digunakan untuk pemotretan dengan angle yang cukup lebar seperti portrait, landscape dan pemotretan bangunan.

Baca Juga : Apa Itu Gadget dan Fungsinya serta Dampaknya dalam Kehidupan

Lensa Fix (Prime)

Tipe lensa kamera yang satu ini sangat cocok bagi kalian yang suka memotret untuk hasil yang cukup tajam dengan aperture yang luas. Dengan aperture luas tersebut akan membantu kita untuk memotret di ruang yang minim cahaya, sehingga tidak usah takut hasil potret nantinya akan menjadi blur dan pecah tanpa menggunakan ISO yang tinggi

Namun yang membuat lensa satu ini menjadi merepotkan adalah kamu harus aktif bergerak maju mundur untuk menyesuaikan pengambilan gambar dari sudut yang pas (close-up atau lebar) karena lensa jenis ini tidak dibekali fitur zoom sebagaimana lensa kit yang kita bahas sebelumnya.

Lensa yang satu ini dijual dengan focal length atau perspektif yang beragam 35, 50, 85, dan 135mm, sehingga kamu harus menyesuaikan sesuai kebutuhan pemotretan yang kamu inginkan.

Fungsi ! Lensa yang satu ini sangat cocok digunakan untuk pemotretan jenis portrait, landscape seperti pernikahan, pemandangan dan jalanan.

Lensa Wide Angle

Sesuai dengan namanya, lensa wide angle ini diperuntukkan bagi kalian yang ingin memotret dengan sudut pandang yang luas. Memang biasanya hasil potret yang diperoleh dari pemotretan dengan jenis lensa yang satu ini sedikit terdistorsi, akan tetapi nantinya setelah melakukan post processing akan bisa diperbaiki sehingga hasilnya lebih maksimal.

Jenis lensa macro
Source : Jakartanotebook.com

Lensa ini biasanya berukuran 17 - 40mm yang dikenal dengan sudut pandang dan lebar yang cukup luas.

Fungsi ! Lensa ini sangat cocok digunakan untuk memotret objek dalam jarak pandang dekat dengan sudut pandang yang lebar dan luas, dan dengan jenis lensa wide ini sangat cocok digunakan untuk potret landscape.

Baca Juga : Apa Itu Kamera DSLR Yang Termasuk Kamera Digital Modern

Lensa Tele

Untuk kamu yang suka jenis lensa fotografi untuk memotret dalam jarak yang cukup jauh dan juga pemotretan olahraga, sangat cocok menggunakan lensa jenis tele ini sebagai senjata.

Jenis lensa ini juga dibekali dengan fitur zoom, sehingga memudahkan kita mengatur focal length sesuai keinginan kita tanpa harus bergerak maju mundur sebagaimana lensa fix sebelumnya, focal length yang dibekali pada jenis lensa ini berkisar 70-600mm.

Jenis Lensa Tele
Source : idntimes

Fungsi ! lensa ini sangat cocok digunakan untuk memotret pemandangan alam dan juga sering digunakan untuk memotret satwa liar di alam.

Di samping itu jika kalian yang suka memotret dengan gaya bokeh, jenis lensa ini juga memberikan hasil tangkapan dengan blur yang cukup mulus.

Adapun kekurangan jenis lensa ini yaitu memiliki ukuran yang lumayan besar dan cukup berat jika dibawa harian, sehingga tidak cocok untuk dibawa traveling, di samping karena berat, juga dapat memenuhi kantong bawaan.

Lensa Macro

Bagi kalian yang suka untuk memotret close-up atau jarak dekat seperti tumbuh tumbuhan, hewan kecil dan lainnya, sangat disarankan untuk menggunakan lensa macro, karena dengan menggunakan jenis lensa ini kamu akan dapat menghasilkan gambar objek yang kecil dengan ketajaman yang cukup baik karena tujuan dari penggunaan lensa ini terutama adalah untuk menghasilkan gambar objek dengan aspek rasio 1:1.

Dengan menggunakan jenis lensa ini kamu dapat menghasilkan gambar objek yang berukuran kecil menjadi 5x lipat dari ukuran sebenarnya dengan kualitas gambar yang baik.

Penggunaan lensa makro pada kamera kalian, akan memungkinkan untuk menampilkan detail detail kecil pada sebuah objek, seperti bulu hewan, tetesan air di atas tanaman hingga kilauan sebuah perhiasan.

Focal length dari lensa yang satu ini biasanya berkisar 50 - 200mm.

Baca Juga : Apa Itu Kamera Mirrorless? Definisi Kelebihan dan Kekurangan

Lensa Tilt-Shift

Lensa jenis ini biasanya memiliki focal length antara 17-35mm yang memiliki sudut pandang yang cukup lebar. Kegunaan dari lensa yang satu ini adalah untuk mengatur objek yang terdistorsi pada saat hendak melakukan pemotretan.

Fungsi lensa tilt shift
Source : Fstoppers.com

Menggunakan macam lensa ini memungkinkan kamu memanipulasi bentuk objek, bidang fokus bahkan angle gambarnya.

Fungsi ! Lensa ini sangat cocok digunakan untuk memotret arsitektur maupun fotografi seni rupa.

Kesimpulan

Ada banyak macam macam lensa yang bisa digunakan oleh seorang fotografer untuk hasil potret yang maksimal, di antaranya lensa kit, lensa fix, lensa wide, lensa tele, lensa macro dan lensa tilt-shift. Kamu tidak harus membeli semua jenis lensa tersebut sekaligus akan tetapi belilah sesuai dengan kebutuhan fotografi kalian masing masing.


Itulah artikel tentang Macam Macam Lensa Kamera dan Fungsinya, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dan khususnya bagi admin pribadi.


Posting Komentar untuk "Macam Macam Lensa Kamera dan Fungsinya - Fotografer Handal"