Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat QRIS Gratis Mudah dan Cepat Untuk Bisnis Anda

iterkini.web.id - Cara Membuat QRIS Gratis - Di era digital seperti yang kita rasakan pada saat ini, banyak kemajuan yang bisa kita rasakan dalam berbagai macam sektor kehidupan, tak luput darinya dalam sektor Financial Technology atau yang biasa kita dengar dengan sebutan FinTech.

Dalam sektor ini, muncul beragam inovasi baru di antaranya QRIS (Quick Response Code Indonesian Standart) yang diluncurkan pada pertengahan bulan Agustus 2019 sebagai manifestasi kolaborasi yang dilakukan oleh pihak Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Inovasi ini secara resmi mulai diberlakukan di tengah masyarakat mulai 1 Januari 2020.

QR Code dalam transaksi

Inovasi ini dibuat bertujuan sebagai langkah efisiensi sistem pembayaran di samping juga untuk mengintegrasikan (menyatukan) seluruh pembayaran non tunai seperti m-Banking dan e-wallet sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi.

Langkah ini juga merupakan suatu upaya untuk memajukan kualitas UMKM tanah air sehingga dapat memicu pertumbuhan ekonomi.

Namun dibalik itu semua, ternyata masih ada di antara masyarakat yang masih belum paham bagaimana cara membuat QRIS gratis, padahal pembuatannya bisa dikatakan sangat praktis dan mudah tidak memakan banyak waktu.

Daftar Isi

Oleh sebab itu, maka pada artikel ini admin akan mengulas cara daftar QRIS mudah dengan penjelasan yang mudah dimengerti sehingga memudahkan kita dalam berbisnis.

Baca Juga : 5 Situs Menghasilkan Uang Lewat Internet Terpercaya dan Mudah

Kelebihan Menggunakan QRIS dalam Bertransaksi 

Ada beberapa keuntungan yang dapat kalian nikmati dengan menggunakan QRIS sebagai media bertransaksi, di antaranya :

1. Transaksi Lebih Praktis

Ini disebabkan kemajuan teknologi, banyak masyarakat yang mulai beralih dengan metode pembayaran secara cashless dalam artian tanpa memegang uang. 

Karena bagi sebagian orang menganggap melakukan pembayaran secara tunai tersebut merepotkan, terlebih jika kita membawa uang dengan nominal besar, tentunya direpotkan lagi dengan uang kembalian. sehingga dengan kehadiran QRIS ini, masyarakat tidak perlu repot lagi membawa uang tunai dan menunggu uang kembalian.

2. Jual Beli Lebih Mudah

Karena dengan adanya QRIS, kamu tidak perlu lagi seperti dulu, yang mesti mendaftarkan diri ke berbagai merchant untuk menyediakan sistem pembayaran (DANA, iSaku dll).

Karena, sesuai tujuan awalnya, dengan kode QR QRIS ini kalian bisa menerima pembayaran dari berbagai macam metode pembayaran.

3. Mencegah Terjadinya Penipuan

Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita bahwa banyak terjadi penipuan, baik itu pembayaran dengan uang palsu atau kasus penipuan lainnya yang terdampak pada kita saat menggunakan pembayaran secara tunai utamanya.

Namun dengan kehadiran QRIS, dapat meminimalisir terjadinya penipuan utamanya peredaran uang palsu saat melakukan transaksi.

4. Tersedia Catatan Transaksi Yang Jelas

Kelebihan berikutnya kita tidak harus lagi melakukan pencatatan secara manual yang bagi sebagian orang tentunya hal ini cukup merepotkan dan memakan waktu. Karena pada saat kalian menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran maka transaksi yang terjadi akan secara langsung tercatat secara real time sehingga pengelolaan keuangan lebih efisien.

Itulah beberapa keuntungan menggunakan metode pembayaran QRIS dalam bertransaksi.

Cara Membuat QRIS Gratis Mudah

Syarat Pendaftaran QRIS

Tidak ada batasan bagi kalian yang ingin membuat QRIS, baik itu untuk usaha personal maupun usaha berbadan hukum. Terkait syarat, sebenarnya hanya ada beberapa syarat utama yang mesti dimiliki bagi kalian yang ingin mendaftar QRIS, yaitu SIUP/NIB, NPWP pribadi non-badan hukum/badan hukum serta KTP penanggung jawab.

Dari paparan di atas sudah jelas bahwa pembuatan QRIS ini sangat mudah dengan syarat dan ketentuan yang tidak begitu banyak sehingga memudahkan masyarakat dalam pembuatannya.

Adapun biaya pembuatan QRIS ini-pun sebenarnya tergantung kepada acquirer, ada yang membebankan pada biaya pendaftaran namun ada juga yang biaya pendaftarannya gratis namun kita dibebankan biaya pada saat berlangsungnya transaksi, akan tetapi kalian tidak perlu khawatir, karena pembebanan biayanya pun bisa terbilang cukup murah.

Baca Juga : 5 Ide Pekerjaan Dirumah Yang Menghasilkan Uang Dengan Cepat

Cara Membuat QRIS Gratis

Untuk pembuatan QRIS gratis tanpa biaya apapun, kalian bisa mendaftar melalui Midtrans, adapun langkah langkahnya sebagai berikut :

1. Kunjungi link berikut ini dashboard.midtrans.com/register

2. Setelah link di atas kalian buka, maka isilah formulir yang tertera seperti nama bisnis, nama lengkap, email, no hp dll

3. Lalu setelah register, maka cek email kalian untuk memverifikasi akun 

4. Setelah terverifikasi maka buka link berikut ini gjk.id/daftarQRISGRATIS

5. Selanjutnya isilah berbagai persyaratan yang diminta 

6. Tunggu dalam jangka waktu seminggu sehingga kalian dihubungi melalui Whatsapp/email bahwa QRIS kalian sudah selesai dibuat dan siap dipakai

Kesimpulan

Jadi bagi kalian yang ingin membuat QRIS sebenarnya caranya sangat mudah, kalian hanya perlu menyiapkan surat seperti SIUP/NIB, NPWP dan KTP. Untuk pendaftaran secara gratis, kalian bisa mendaftar melalui Midtrans.


Demikianlah artikel Cara Membuat QRIS Gratis Mudah dan Cepat Untuk Bisnis Anda, ini admin sampaikan, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua terutama bagi admin pribadi.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat QRIS Gratis Mudah dan Cepat Untuk Bisnis Anda"