Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Microsoft Project, Fungsi dan Fitur Serta Kelebihan

iterkini.web.id - Apa Itu Microsoft Project - Software ini rilis dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft pada tahun 1984, tepatnya 39 tahun silam, mungkin banyak di antara kita yang belum mengenal perangkat lunak yang satu ini karena memang biasanya hanya digunakan oleh sekelompok orang tertentu saja.

Jadi, Apa yang dimaksud Microsoft Project, fitur serta kelebihannya, maka pada artikel ini admin akan membahasnya secara singkat, padat dan jelas, simak artikel ini untuk lebih jelasnya :

Apa Itu Microsoft Project

Merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai project management secara efisien terutama bagi seorang yang berprofesi sebagai project manager.

Apa Itu Microsoft Project

Sebagaimana definisi sebelumnya, perangkat ini dirilis dan dikembangkan perusahaan microsoft sebagai langkah untuk membantu utamanya seorang manager project dalam menetapkan serta mengembangkan sebuah rencana project agar dapat berjalan dengan efisien.

Tools ini memungkinkan penggunanya untuk membuat sebuah rencana, mempersiapkan jadwal, berkolaborasi dengan orang lain bahkan memungkinkan kita untuk menentukan prioritas project mana yang akan diselesaikan terlebih dahulu menggunakan microsoft project ini.

Baca Juga : 5 Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel

Sekalipun nyatanya kamu bukanlah seorang project manager, sebenarnya tools ini sangat penting untuk kamu ketahui karena kita tidak tahu bagaimana nasib ke depannya bisa jadi kamu kelak akan menjadi seorang project manager, tentunya nanti jika kamu sudah mengetahui tools ini dan bagaimana cara mengoperasikannya akan lebih memudahkan kamu untuk mengatur planning projectmu.

Jadi, bagi kamu yang masih bingung terkait apa tujuan dan fungsi Microsoft Project ini ? intinya yaitu untuk memudahkan seseorang dalam melakukan management project.

Fitur Microsoft Project

Setelah mengenal tools ini dari segi definisinya, maka selanjutnya tentu kita bertanya apa saja fitur yang ditawarkan oleh software ini, maka simaklah sebagai berikut :

Reporting : Dengan fitur ini maka memungkinkan bagimu untuk mengetahui gambaran umum sebuah project, anggaran serta tugas yang selesai dan belum selesai.

Kalender : Fitur selanjutnya yaitu kalender, salah satu dari fungsi kalender ini adalah membuat sebuah perencanaan meeting dan menyalurkan informasi tersebut kepada seluruh anggota tim yang terlibat dalam project.

Kolaborasi : Salah satu fungsi dari fitur kolaborasi kamu bisa berbagai file secara mudah dengan anggota tim project.

Template : Fitur ini memudahkan bagi seseorang yang tidak mau ribet memulai rencana project dari awal.

Pengawasan : Dengan menggunakan fitur ini maka project manager tidak perlu repot membaca email yang panjang untuk melihat laporan dari tim, karena microsoft project menyediakan sebuah fitur yang dapat mengawasi kinerja tim dan mengarahkan tim agar menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Itulah beberapa fitur penting yang sangat berguna terutama bagi kamu yang merupakan seorang manager project.

Kelebihan Microsoft Project

Tentunya ada beragam kelebihan yang bisa kamu nikmati dengan menggunakan tools atau perangkat lunak ini, termasuk fitur yang sudah dipaparkan sebelumnya microsoft project juga memiliki kelebihan lainnya seperti:

Apa Itu Microsoft Project

Akses Mudah : Karena aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat laptop dan komputer maupun pada gadget lainnya seperti smartphone dan tablet, sehingga memudahkan pengguna untuk memantau project dalam keadaan formal (di kantor) maupun non formal (di luar kantor).

Tampilan Menarik : Tidak diragukan lagi, salah satu yang membuat seseorang nyaman pada saat menggunakan sebuah aplikasi adalah tampilannya, adapun microsoft project ini dengan umurnya yang bisa dikatakan tidak kecil lagi, memilki tampilan menarik yang dikembangkan seiring berkembangnya zaman dan teknologi.

Menu Lengkap : Bagi kalian yang bertanya Apa kelebihan Microsoft Project dibandingkan dengan alat bantu manajemen proyek lain? yaitu menggunakan aplikasi ini tidak hanya memiliki tampilan yang menarik, di samping itu juga menawarkan beragam fitur lengkap yang memudahkan penggunanya khususnya bagi seorang project manager dalam melakukan pekerjaan.

Kekurangan Microsoft Project

Setiap tools yang ada pasti memiliki kelemahan, adapun kekurangan dari aplikasi ini di antaranya :

Harga Relatif Mahal

Sulit digunakan Awam : Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan pada tools ini, maka bagi seorang yang masih awam menggunakan komputer akan merasa kesulitan mengoperasikannya.


Itulah pengenalan tentang Apa Itu Microsoft Project, Fungsi dan Fitur serta Kelebihannya semoga dengan adanya artikel ini akan memberikan manfaat serta menambah wawasan kalian terutama admin sendiri.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Microsoft Project, Fungsi dan Fitur Serta Kelebihan"