Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Artificial Intelligence dan Contohnya Dalam Hidup

Apa Itu Artificial Intelligence dan Contohnya - Seiring berkembangnya teknologi, artificial intelligence atau biasa kita sebut dengan kecerdasan buatan kian melesat sehingga pada saat sekarang bisa dikatakan teknologi kecerdasan buatan ini sudah jauh merambat ke berbagai macam sektor kehidupan kita.

Namun, sudahkah kalian tahu apa yang dimaksud dengan artificial intelligence, kelebihan kekurangan serta contohnya dalam kehidupan sehari hari ? Maka simak terus artikel ini karena di sini admin akan memaparkan fakta fakta yang bisa menambah wawasanmu terkait dengan Ai dengan pembahasan yang rinci dan mudah dimengerti tentunya !

Apa Itu Artificial Intelligence

Apa Itu Artificial Intelligence dan Contohnya

Untuk mendalami terkait Ai ikuti terus pembahasan ini !

Pengertian Artificial Intelligence

Dikutip dari https://www.idntimes.com/, menurut John McCarthy yang dikenal sebagai bapak kecerdasan buatan, tentang artificial intelligence beliau menyatakan bahwa AI merupakan ilmu dan teknik pembuatan mesin, terutama program komputer cerdas.

Secara singkat, ada juga yang berpendapat bahwa yang dimaksud dengan kecerdasan buatan merupakan sebuah proyeksi kecerdasan yang ditunjukkan oleh sebuah mesin.

Dikatakan demikian, karena realitanya dengan AI ini memungkinkan sebuah mesin untuk belajar dari pengalaman selayaknya manusia dan melakukan aktifitas pekerjaan menjadi lebih efisien.

Meski kecerdasan yang ditunjukkan oleh mesin ini masih belum sebanding dengan kecerdasan yang dimiliki manusia, akan tetapi teknologi ini beberapa tahun belakangan sudah banyak diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan dan terbukti dapat memberikan tingkat efisiensi pekerjaan semakin membaik.

Pengertian Artificial Intelligence

Contoh Penerapan Artificial intelligence

Penerapan Ai dalam kehidupan belakangan sangat berkembang pesat, sebenarnya ada beberapa jenis jenis artificial intelligence atau kecerdasan buatan, maka di sini admin akan memberikan contoh secara umum terkait penerapan artificial intelligence dalam kehidupan :

Penerapan dalam Dunia Digital : Ini sangat banyak kita dapati pada saat sekarang ini, terutama yang sedang lagi hangat hangatnya beberapa pekan belakangan yaitu teknologi Chat GPT, yang mana menggunakan teknologi ini memungkinkan kita untuk membuat perintah perintah sederhana maupun perintah sulit sekalipun yang bisa membuat pekerjaan yang mulanya rumit menjadi lebih singkat dan menjadi lebih efisien seperti dalam pembuatan artikel sederhana, mengarang cerita bahkan coding yang tentunya akan memakan waktu cukup lama ketika dikerjakan secara manual terlebih lagi bagi seorang pemula.

Apa Itu Artificial Intelligence dan Contohnya

Bahkan mungkin secara tidak kamu sadari, teknologi pada handphone berupa Virtual Assistant yang seperti yang sudah disediakan di Google, Amazon dan platform lainnya, rata rata setiap assistant ini bisa kamu ajak berinteraksi secara langsung, juga kamu bisa melontarkan beberapa pertanyaan sederhana bahkan dapat memerintahkannya melakukan perintah sederhana seperti pengaturan jam alarm, pencarian di web.

Contoh Ai dalam Dunia Digital : Chat, Virtual Assistant

Baca Juga : Apa Itu Gadget dan Fungsinya serta Dampaknya dalam Kehidupan

Penerapan dalam Dunia Kesehatan : Tidak hanya dalam bidang digital, ternyata Ai juga sudah merambat sampai ke dunia kesehatan, yang tentunya tak kalah penting perannya sebagai efisiensi pekerjaan, seperti perannya dalam pelayanan dan pendataan pasien, hal ini biasa menjadi kendala bagi berbagai rumah sakit yang ada di nasional maupun di internasional, sehingga dapat menyebabkan lambatnya pelayanan yang diterima oleh pasien, maka dengan bantuan Ai dalam bidang kesehatan ini dapat membantu kinerja staf rumah sakit dalam memproses data dan melayani pasien menjadi lebih cepat sehingga menghindari membludaknya pasien sehingga menjauhkan resiko kematian bagi pasien yang tidak tertangani dengan cepat di rumah sakit.

Apa Itu Artificial Intelligence dan Contohnya

Contoh Ai dalam kesehatan : Babylon Health, Spring Health dan One Drop

Bagaimana Artificial Intelligence Bekerja ?

Dengan begitu luar biasanya perkembangan yang terjadi dalam bidang teknologi ini khususnya AI, tentunya kita menjadi penasaran bagaimana cara kerja teknologi ini, berikut akan admin ungkap faktanya :

Faktanya Ai bisa bekerja secara maksimal tentunya memerlukan sejumlah data yang sangat banyak dengan dibekali algoritma cerdas dan sistem yang canggih sehingga dapat mempelajari suatu hal secara mandiri.

Bagaimana Kelebihan dan Kekurangan Artificial Intelligence

Setelah mengetahui definisi, contoh penerapan, cara kerja Ai, selanjutnya bagaimana kelebihan dan kekurangan dari teknologi Artificial Intelligence ini ? Berikut disimak !

Kelebihan Artificial Intelligence

Dengan kehadiran teknologi ini, ada beberapa kelebihan yang bisa kita peroleh dengannya :

Mengurangi Resiko Human Error

Tentunya dengan memanfaatkan teknologi ini akan mengurangi dampak human error karena teknologi ini hanya akan bekerja sesuai dengan apa yang diperintahkan saja, berbeda dengan manusia maka akan ada potensi terjadinya human error atau kesalahan pada saat bekerja.

Lebih Praktis dan Lebih Efisien

Pada saat kita mempergunakan salah satu teknologi Ai dalam bekerja, maka akan dapat membantu kita dalam melakukan pekerjaan sehingga lebih praktis, adapun dari segi biaya, tentunya akan lebih efisien karena dengan menggunakan teknologi ini, dalam dunia industri utamanya di samping menghindarkan dari resiko human error juga tidak membutuhkan tenaga manusia lagi yang tentunya memerlukan upah yang mahal daripada menggunakan teknologi Ai.

Tersedia 24/7

Maksudnya yaitu dapat dioperasikan sepanjang waktu, berbeda dengan manusia yang membutuhkan waktu istirahat untuk dapat bekerja secara maksimal, mesin dapat bekerja sepanjang hari dengan jeda waktu yang lebih pendek dan menghasilkan kualitas produk yang tidak berubah dalam artian bekerja sesuai dengan yang diperintahkan.

Baca Juga : Apa Hubungan, Perbedaan Software dan Hardware Beserta Contohnya

Apa Itu Artificial Intelligence dan Contohnya

Kekurangan Artificial Intelligence

Di samping memiliki berbagai macam kelebihan, tentunya teknologi ini juga memiliki kekurangan, apa saja itu ? simak berikut ini :

Meningkatkan Angka Pengangguran

Terutama di bidang industri, dengan keberadaan alat alat canggih dengan teknologi Ai ini dapat menggeser kontribusi manusia dalam bidang industri sehingga tingkat pengangguran semakin naik tajam selaras dengan tingkat penggunaan Artificial Intelligence ini.

Biaya yang Mahal

Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi ini tentunya sebanding dengan harga mahal yang ditawarkan untuk pembelian di samping juga biaya perawatan berkala yang dibutuhkan untuk menjaga kualitas produksi yang dihasilkan melalui teknologi tersebut.

Tidak Memiliki Emosi

Berbeda dengan manusia, pada saat menggunakan alat berbasis Ai ini maka sesama mesin tidak bisa menjalin ikatan emosional sesama mesin lainnya.

Hanya Bekerja Sesuai Arahan

Teknologi ini hanya bisa digunakan sesuai perintah yang ditanamkan kepadanya, sehingga tidak bisa melakukan yang tidak diperintahkan kepadanya, inilah salah satu celah yang masih bisa dimanfaatkan manusia sehingga masih punya peluang untuk berkontribusi dalam industri dan bidang bidang lainnya.


Itulah artikel tentang apa itu artificial intelligence dan contohnya dalam hidup, semoga dapat memberikan manfaat dan wawasan bagi kalian dan penulis sendiri.

Daftar Isi

Posting Komentar untuk "Apa Itu Artificial Intelligence dan Contohnya Dalam Hidup"