Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Laptop dgn Keyboard Anti Mainstream

iterkini.web.id - Mematikan Laptop dgn Keyboard - Siapa sih yang biasa menggunakan tombol start di taskbar atau tombol windows pada keyboard lalu mencari perintah shutdown untuk mematikan laptop ? mungkin bagi sebagian orang sudah nyaman menggunakan cara mainstream ini, tapi jika kalian tahu, ada banyak cara yang bisa kalian gunakan untuk mematikan laptop terutama menggunakan tombol khusus atau tombol kombinasi yang terdapat pada keyboard.

Cara Mematikan Laptop dgn Keyboard

Sekalipun cara cara ini jarang digunakan oleh pengguna laptop dan komputer bukan berarti cara ini susah untuk digunakan dan malah dianggap ribet dan mempersulit pekerjaan, jika ada orang yang mengatakan seperti itu maka itu bullshit friend haha, malahan cara cara ini bisa admin katakan lebih mudah digunakan dan bisa saja menghemat waktu daripada menekan tombol windows.

Terutama bagi kalian yang memiliki laptop atau komputer dengan spek di bawah standar tentunya sering terkendala gadget nge-freeze atau lemot pada saat hendak menonaktifkan perangkat dan terkadang sampai membuat kita kesal dan jengkel.

Nah dengan kendala seperti itu kalian bisa menggunakan beberapa cara mematikan komputer dengan keyboard berikut ini untuk mematikan perangkat kalian yang tentunya bisa kalian terapkan pada perangkat laptop atau komputer di beragam versi windows seperti 7 8 10 11, karena tombol perintah tersebut masih tetap tersedia walaupun ada pembaharuan tingkatan windows.

Cara Mematikan Laptop dgn Keyboard

Berikut ini akan admin paparkan tutorial bagaimana cara mematikan komputer lewat keyboard yang bisa diterapkan dengan mudah, simak terus ya !

Menggunakan Tombol Alt + F4

Selain digunakan untuk close / keluar dari sebuah aplikasi dengan cepat, tombol ini ternyata juga dapat digunakan untuk mematikan laptop ya, di samping tombolnya sangat mudah untuk diingat, juga fungsi dari kombinasi tombol ini bisa diterapkan pada perangkat yang menggunakan windows 7 8 10 11.

Jadi bagaimana cara menerapkannya ?  sebagai berikut :

1. Close atau Minimize seluruh aplikasi yang masih aktif pada perangkat

2. Setelah muncul tampilan desktop maka selanjutnya tekan tombol kombinasi Alt + F4 secara berurutan

3. Selanjutnya akan muncul sebuah tab baru dengan sebuah pertanyaan "apa yang ingin kamu lakukan pada komputer ini ?" dan selanjutnya dengan menu dropdown berupa pilihan antara shutdown, sleep, restart

4. Karena kita ingin mematikan komputer maka kita pilih shutdown

5. Selanjutnya tekan tombol Enter 

6. Terakhir gadget kamu akan secara otomatis mati

Perlu diketahui !!! Memang kalau tutorialnya dijabarkan seperti ini tampak sedikit ribet, akan tetapi setelah kamu praktekkan pasti kamu akan tahu kalau cara ini lebih mudah dibandingkan dengan menekan tombol windows pada perangkat laptop kamu !! silahkan dicoba hehe.

Menggunakan Tombol Windows + X

Cara lain yang bisa kalian lakukan sebagai cara shutdown laptop dengan keyboard adalah menggunakan tombol Windows + X, langkah untuk menerapkan cara ini kurang lebih hampir sama dengan cara sebelumnya yaitu :

1. Close atau Minimize seluruh aplikasi yang masih aktif pada perangkat

2. Setelah muncul tampilan desktop maka selanjutnya tekan tombol kombinasi Windows + X secara berurutan

3. Setelah itu akan muncul sebuah tampilan tab baru pada bagian kiri bawah perangkat kalian

4. Pilihlah pilihan shutdown or sign out yang terdapat pada tab tersebut

5. Selanjutnya pilihlah shutdown untuk mematikan komputer

6. Tunggu proses sehingga gadget kalian nonaktif secara otomatis

Menurut admin pribadi, cara ini lebih worth it bagi kalian yang memiliki laptop komputer dengan spek standart, karena beda halnya dengan membuka windows dengan tombol start pada laptop, yang di sana ditampilkan berbagai macam aplikasi bahkan menyisipkan gambar yang ukurannya relatif berat dan cukup membebani kinerja RAM sehingga menjadikan perangkat menjadi lebih lambat, dengan menggunakan kombinasi tombol ini (Windows + X), ia menampilkan sebuah menu yang lebih sederhana daripada menu start windows, sehingga dapat meminimalisir terjadi lola atau nge-freeze pada perangkat gadget kalian saat hendak dimatikan.

Baca Juga : Pengertian, Jenis dan Fungsi RAM Pada Perangkat Komputer, Laptop, Smartphone

Cara Mematikan Laptop dgn Keyboard

Menggunakan Perintah CMD

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa CMD dapat memungkinkan kita untuk melakukan berbagai macam perintah pemrograman, termasuk salah satu di antaranya untuk mematikan komputer, ini dapat dilakukan dengan mengetikkan sebuah perintah di CMD, tutorialnya sebagai berikut :

1. Buka CMD dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard 

2. Setelah terbuka sebuah pop up baru pada bagian kiri bawah windows kalian maka ketikkan "shutdown /s" tanpa tanda petik

3. Alhasil dalam jangka waktu 1 menit perangkat laptop atau komputer kamu akan secara otomatis mati

Bonus !! Admin juga ingin berbagi ke kalian, yang mana kalian bisa membuat aplikasi perintah sederhana menggunakan kalimat perintah ini, sehingga kalian bisa meletakkan shortcutnya di desktop, sehingga ke depannya kalian hanya perlu menekan shortcut tersebut untuk mematikan gadget kalian, caranya :

1. Buka aplikasi Notepad dengan cara membuka CMD dengan menekan tombol Win + R lalu ketikkan Notepad lalu Enter

2. Ketikkan tombol perintah sebelumnya "shutdown /s" tanpa tanda petik

3. Lalu pada bagian kiri atas tekan Menu > Save File As

4. Rubah pada bagian Save As Type dengan All Files, selanjutnya pada bagian File Name rubah sesuka kalian dan pada akhir kalimat, kalian tambahkan .bat yang menjadi ekstensi file, contohnya admin membuat file namenya menjadi shutdownotomatis, maka admin tambah di akhir dengan .bat maka hasilnya shutdownotomatis.bat

5. Lalu pilihlah lokasi di mana kalian hendak menempatkan aplikasi tersebut, saran admin letakkan di desktop 

6. Terakhir tekan Save, setelah itu aplikasi tersebut akan terletak pada Desktop perangkat kamu

7. Adapun untuk cara penggunaannya cukup dengan membuka file tersebut

8. Tunggu beberapa saat dan laptop atau komputer kamu akan mati secara otomatis

NB : Jika pada saat kamu membuka aplikasi tersebut tidak menimbulkan efek apa apa, maka coba buka dengan cara tekan Klik Kanan > pilih Run As Administrator > Yes

Menggunakan Ctrl + Alt + Del

Mungkin kalian biasa menggunakan fungsi tombol ini untuk membuka Start Task Manager, yang mana biasa digunakan pada saat laptop nge-freeze dengan tujuan memberhentikan paksa sebuah aplikasi, di samping itu ternyata dengan menggunakan tombol ini kalian juga bisa mematikan laptop secara cepat, caranya :

1. Dalam kondisi apapun, kalian langsung tekan tombol Ctrl + Alt + Delete yang terdapat pada keyboard

2. Lalu pada bagian kanan bawah akan terdapat tombol perintah shutdown, maka pilihlah tombol tersebut

3. Secara otomatis laptop kalian akan mati

Cukup mudah bukan ? mematikan laptop dgn keyboard dengan cara yang satu ini ?

Mematikan dengan Tombol Windows + U + U

Dari beberapa informasi yang mimin dapatkan, tombol ini dikhususkan untuk pengguna Windows XP, akan tetapi ada juga di antara teman teman yang menyatakan tombol ini bisa diterapkan di Windows lainnya, caranya cukup mirip dengan cara cara sebelumnya, yaitu :

1. Pergi ke Desktop dan tekan tombol Windows + U + U 

2. Otomatis perangkat laptop atau komputer kalian akan mati


Itulah beberapa cara yang admin ketahui tentang Cara Mematikan Laptop dgn Keyboard Anti Mainstream, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk wawasan pembaca maupun dalam praktek dalam pengoperasian komputer.

Daftar Isi

Posting Komentar untuk "Cara Mematikan Laptop dgn Keyboard Anti Mainstream"