Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka Di Laptop

iterkini.web.id - Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka Di Laptop - Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sehingga Google Chrome pada perangkat laptop kita menjadi tidak bisa dibuka, atau bisa dibuka akan tetapi sangat lama loadingnya sehingga sering membuat kita jengkel. Tentunya kita tidak ingin hal tersebut terjadi pada saat kita hendak menggunakan laptop kita, maka perlu mengetahui apa penyebab dan cara mengatasi kendala tersebut sebagai langkah antisipasi kita.

Setelah ditelusuri, ternyata ada banyak hal yang dapat mempengaruhi performa laptop kita sehingga menyebabkan Google Chrome tidak bisa dibuka dan lemot pada saat dioperasikan. Di bawah ini admin akan memaparkannya untuk kita semua.

Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka Di Laptop

Sebelum masuk ke dalam pembahasan pokok cara mengatasinya, terlebih dahulu alangkah baiknya kita membahas kenapa Google Chrome tidak bisa dibuka di laptop.

Alasan Kenapa Google Chrome Tidak Bisa Dibuka di Laptop.

Google Chrome merupakan salah satu software yang dikembangkan oleh pihak Google, yang sudah terkenal di dunia internet. Dikutip dari https://databoks.katadata.co.id/ bahwa browser Google Chrome ini digunakan hampir oleh 64% pengguna internet, tentunya angka tersebut bisa dikatakan angka yang sangat mendominasi.

Dari beberapa sumber yang admin dapatkan, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan browser Google Chrome tidak bisa dibuka di perangkat laptop kita, di antaranya dapat disebabkan oleh cache dan data yang sudah menumpuk pada laptop kita, sehingga dapat menghambat kinerja dari browser tersebut. Hal ini dapat di antisipasi dengan cara menghapus dan menginstall ulang browser.

Alasan lainnya yang sering menjadi kendala user Chrome adalah tidak bisa terbuka karena berjalan di latar belakang laptop sehingga membuat Google Chrome tersebut tidak bisa terbuka pada laptop kita, ini bisa kalian lihat melalui Task Manager dengan cara menekan Ctrl + Shift + Alt + Delete > Start Task Manager > Process. Ketika hal ini terjadi kalian bisa menghentikan kinerja latar belakang tersebut dengan Task Manager dengan klik kanan pada process Chrome > End Task.

Di samping itu Chrome di laptop tidak bisa dibuka juga bisa disebabkan karena terhambat oleh aplikasi software lainnya, bisa jadi karena RAM (Random Access Memory) tidak mampu menghandle laptop kamu untuk melakukan proses multi-tasking (banyak membuka aplikasi sekaligus) pada perangkat laptop kamu, sehingga karena itu, ada baiknya pada saat kamu membeli perangkat, baik itu laptop maupun komputer, harus melihat spesifikasinya terlebih dahulu, terlebih bagi kamu yang suka melakukan berbagai macam aktivitas secara multi-tasking dan melakukan aktivitas berat (editing, gaming, video editing).

cara membuka chrome yang tidak bisa dibuka

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi alasan browser Chrome kamu menjadi lemot dan tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka Di Laptop

Sebenarnya pada penjelasan sebelumnya sudah bisa diambil beberapa gambaran besar bagaimana cara memperbaiki Google Chrome yang tidak bisa dibuka di laptop, namun pada penjelasan ini akan admin lampirkan dalam beberapa sub judul agar lebih jelas :

1. Menginstall Ulang Browser

Cara ini biasanya sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam kendala yang kamu alami pada software browser apapun, termasuk Google Chrome, karena jika ternyata browser kamu tidak bisa terbuka di laptop, bisa jadi karena ada beberapa file yang terdapat pada folder software tersebut sudah usang atau ada yang hilang, bisa jadi karena terindikasi (terdeteksi) oleh software antivirus sebagai ancaman sehingga menghapus file yang dianggap ancaman tersebut secara otomatis.

Sebelum menginstall ulang, terlebih dahulu uninstall software tersebut sampai ke akar akarnya yang bisa kamu lakukan melalui Apps & Features pada windows 10  yang bisa kamu cari melalui kolom search pada windows dan Control Panel > Program > Uninstall A Program pada windows 7.

2. Menutup Aplikasi/Software 

Karena ada beberapa laptop yang memiliki spesifikasi standar dalam artian tidak mumpuni untuk membuka banyak aplikasi secara bersamaan, oleh karena itu kamu harus menutup terlebih dahulu software lain yang dirasa tidak perlu dan coba buka kembali Google Chrome setelah melakukannya,

3. Menutup Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Jika pada cara kedua, Chrome masih tetap tidak bisa terbuka, coba terlebih dahulu dicek pada aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan cara menekan Ctrl + Shift + Alt + Delete > Start Task Manager > Process lalu cek apakah Chrome masih berjalan pada latar belakang laptop atau tidak.

4. Restart Ulang Laptop

DI beberapa kendala, Google Chrome bisa saja tidak bisa terbuka disebabkan karena driver yang tiba tiba berhenti atau tidak berjalan pada laptop kalian, sehingga salah satu solusi yang bisa kalian lakukan adalah dengan cara merestart ulang perangkat kalian, karena dengan melakukan restart akan mengembalikan laptop kita pada setelan awal, sehingga driver yang bisa saja tak sengaja kamu matikan akan hidup kembali.

5. Menghapus Ekstensi

Hal lainnya yang bisa menyebabkan Google Chrome di laptop tidak bisa dibuka dalam artian lelet lemot adalah dengan melakukan penghapusan terhadap ekstensi yang kamu pasang pada browser kamu. Terlebih jika kamu memasang kebanyakan ekstensi pada browser tersebut, tentunya akan membebani RAM (Random Access Memory) laptop kamu sehingga menyebabkan kinerja browser menjadi lebih lambat.

6. Menginstall Antivirus

Penginstallan antivirus sangat berguna untuk menjaga laptop kalian menjadi lebih terjaga dari berbagai macam jenis virus terutama Malware dan Trojan. Dengan menggunakan antivirus, bisa mendeteksi virus yang berkemungkinan menghambat proses kinerja Google Chrome.

google chrome tidak bisa dibuka di windows 7

7. Unduh Chrome Versi Lama

Salah satu penyebab Google Chrome tidak bisa dibuka adalah spesifikasi laptop yang tidak mumpuni atau bisa jadi pas pasan dalam penggunaan Chrome, sehingga kerap kali membuat Google Chrome tidak bisa terbuka pada perangkat kalian. Maka solusi paling logis dalam hal ini adalah dengan menginstal browser Chrome versi lawas yang bisa kalian searching melalui search engine dan di-unduh secara gratis.


Itulah artikel tentang 7 Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka Di Laptop, semoga artkel ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama untuk diri penulis sendiri.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka Di Laptop"